Minggu, 23 Desember 2012

Gonta ganti kurikulum, ah pusing…!!!

Salah satu kebijakan pendidikan dari pemerintah adalah tentang kurikulum, kurikulum di Indonesia di mulai sebelum tahun 1945 sampai sekarang yaitu Kurikulum Tentang Satuan Pendidikan atau biasa disebut kurikulum KTSP. Dimana kurikulum menjadi sentral arah dalam pendidikan. Kurikulum di Indonesia selaku mengalami perubahan, belum tuntas penerapan sebuah kurikulum datang kurikulum baru. Hal ini membuat kurang maksimal nya kurikulum di Indonesia.Tujuan dari pergantian kurikulum tidak ada tujuan lain hanya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tetapi kalau di sering dirubah sebelum mencapai tujuan maka itu akan menghambat pendidikan di Indonesia. Di Negara maju rata-rata kurikulum sangat jarang diganti karena benar-benar mematangkan  kurikulum yang ada.
Banyak rakyat yang mengeluh karena seringnya pergantian kurikulum. Padahal jika dilihat buku paket antar semua kurikulum isinya sama semua hanya sampul yang membedakan.
Setiap pergantian Menteri kurikulum ikut berubah juga. Sebenarnya pergantian kurikulum tidak masalah jika kurikulum yang lama tetap berjalan, hanya beberapa sisi saja yang mengalami perbaikan yang dianggap perlu untuk diperbaiki. Dan seharusnya kurikulum mempunyai standar waktu, sampai kapan dan berapa lama sebuah kurikulum itu diterapkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar